1.
MACHINE CYCLE ( SIKLUS MESIN )
A. Fetch
Arti kata
fetch dalam bahasa Indonesia adalah menjemput. Sebagai salah satu operasi yang
terjadi pada CPU, fetch merupakan peristiwa pengambilan perintah dan data yang
diperlukan.
Fetch
merupakan proses mengambil atau membawa instruksi dari memori utama ke CPU.
Istilah fetch ini disebut juga dengan instruction fetch, fetch phase, fetch
cycle, atau instruction cycle. Operasi fetch ini selalu yang pertama dilakukan
oleh CPU terutama untuk mendapatkan informasi atau data tentang instruksi yang
dikerjakannya.
Pertama
kali yang dilakukan mengambil instruksi dan data dari luar chip, biasanya dari
DRAM. Misalnya perintah matematika sederhana untuk penambahan bilangan. Dalam
beberapa kasus, data yang digunakan oleh suatu instruksi sudah termasuk di
dalamnya, sedangkan dalam beberapa kasus lain, suatu instruksi langsung menunjukkan
alamat dimana data yang akan diproses berada. Lokasi dimana alamat data yang
akan diproses berada tersebut dengan address. Jadi dalam perintah penambahan,
yaitu “add” bisa langsung berupa nilai dari dua bilangan yang akan ditambahkan
atau alamat dimana nilai x dan nilai y berada, yang disebut dengan address x
dan address y.
Sebuah
instruksi sebenarnya terdiri dari dua bagian, dimana bagian pertama merupakan
aksi yang akan dijalankan yang disebut dengan opcode, dan bagian kedua adalah
data yang akan dikerjakan yang disebut dengan operand. Dalam contoh instruksi
matematika untuk penambahan bilangan tadi, penambahan sendiri instruksinya
adalah add, inilah yang disebut dengan opcode. Sedangkan address yang
menunjukkan alamat dari nilai x dan nilai y, yang disebut dengan address x dan
address y disebut dengan operand.
Fetch
adalah rangkaian aksi yang terjadi pada sebuah CPU dalam menjalankan setiap
perintah dalam bahasa mesin pada sebuah program.
Yang
terjadi pada fetch ini adalah peristiwa pengambilan instruksi melalui bus yang
ditunjukkan oleh bus address. Ketika bus address menunjukkan alamatnya, maka
instruksi diambil berdasarkan alamat tersebut, sedangkan instruksinya
dikirimkan melalui bus data.
B. Decode
B. Decode
Pembacaan
sandi. Adalah suatu metoda pembacaan suatu data yang telah dikirimkan dalam
bentuk sandi, kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bentuk data aslinya.
Pada CPU,
merupakan salah satu langkah dalam menjalankan instruksi yang akan dijalankan
oleh komputer pada CPU. Ketika CPU telah mendapatkan instruksinya melalui
fetch, maka pelaksanaan berikutnya adalah pada bagian decode ini yang berfungsi
untuk menganalisa instruksi yang akan dijalankan, terutama untuk menentukan
bagian chip mana pada CPU yang akan digunakan untuk memproses instruksi tersebut.
Beberapa
chip akan melihat melihat bagaimana suatu instruksi dapat dilakukan seefisien
mungkin. Begitu juga ketika sebuah instruksi yang didapatkan tidak langsung
memberikan data aktualnya, melainkan alamat dimana data tersebut berada, maka
chip tersebut akan melakukan proses pengambilan dimana data tersebut berada.
C. Execute
Execute,
Eksekusi. Instruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer.
Eksekusi
Program yang berarti sistem operasi memiliki kemampuan untuk menjalankan
program dengan mengambil instruksi beserta data yang diperlukan oleh program
tersebut, lalu menempatkannya pada memori, dan melaksanakan perintah yang ada
pada program.
D. Store
Merupakan
salah satu tahapan untuk melaksanakan suatu perintah pada CPU. Perintah yang
diberikan ke komputer tidak hanya bagaimana perintah itu dilaksanakan oleh
komputer, melainkan juga kemana hasil perintah tersebut ditempatkan.
Jika
sebuah instruksi bersifat iterative, sebagai contoh penambahan dua bilangan,
kemudian tambahkan lagi bilangan lainnya ke jumlah yang sebelumnya. Di sini,
instruksi akan memberitahu CPU untuk menempatkan hasil penamabahan yang pertama
dalam sebuah tempat khusus sementara yang terdapat pada chip yang disebut
dengan register, sampai data tersebut dibutuhkan kembali. Karena register ini
berlokasi pada satu chip dengan rangkaian ALU, maka proses pengambilan data
kembali akan berlangsung sangat cepat. Sedangkan sebagai alternatif, jika data
tersebut tidak digunakan segera maka data akan disimpan di memori (pemanggilan
data cepat) atau pada disk (pemanggilan data sangat lambat).
E. Communication device
Communications
Device: Hardware yang tersambung dengan chanel komunikasi ke RSView32 station.
Communications
Channel: Link yang mengirim data antara RSView32 station dan satu atau lebih prosessor
pada sebuah jaringan.
Node:
Physical device, seperti processor, bridge module, atau komputer, pada sebuah
jaringan komunikasi.
Communications
Driver: Software interface untuk hardware device yang mengenable RSView32 station,
atau komputer yang menjalankan RSView32 project, untuk berkomunikasi dengan SLC
500 processor.
RSView32
software menggunakan RSLinx communications driver untuk berkomunikasi dengan
devices yang lain pada jaringan melalui koneksi berikut:
Direct: Digunakan
untuk menghubungkan RSView32 station ke SLC 500 processor pada network yang
sama.
OLE for
Process Control (OPC): Digunakan untuk menghubungkan RSView32 station ke
communications devices melalui vendor-specific OPC servers.
Dynamic
Data Exchange (DDE): Digunakan untuk menghubungkan RSView32 station ke
communications devices via external DDE servers atau third-party servers yang
lain.
2. FAKTOR PENENTU KEMAMPUAN
PROSESOR
A. Sytem Clock
System clock dalam komputer menetapkan kecepatab CPU
menggunakan kristal quartz yang bergetar.Satu gerakan clock adalah waktu yang
dibutuhkan oleh transistor untuk mematikan transistor kemudian menyalakak
kembali.Hal ini disebut clock cycle,yang diukur dalam hertz.Jika
sebuah komputer memiliki kecepatan 300 mhz,artinya system clock berdetak 300
juta kali/deti
B. Bus Width
Bus
adalah saluran di mana arus informasi. Semakin lebar bus, semakin banyak
informasi yang dapat mengalir melalui saluran, seperti halnya jalan raya yang
lebih luas dapat membawa mobil lebih dari satu sempit. Bus ISA asli pada PC IBM
adalah 8 bit luas; ISA bus universal digunakan sekarang adalah 16 bit. Lain I /
O bus (termasuk VLB dan PCI) adalah 32 bit. Bus memori dan prosesor pada
Pentium dan PC yang lebih tinggi 64 bit.
Lebar bus alamat dapat ditentukan secara independen dari lebar data bus. Lebar bus alamat menentukan berapa banyak lokasi memori yang berbeda yang bus dapat mentransfer informasi ke atau dari.
Lebar bus alamat dapat ditentukan secara independen dari lebar data bus. Lebar bus alamat menentukan berapa banyak lokasi memori yang berbeda yang bus dapat mentransfer informasi ke atau dari.
- I/O
bus
Pembacaan
port I/O.
·
Port Pararel(LPT1 atau LPT2)
Jenis
perangkat yang menggunakan port ini: Printer, Scanner, dll.
·
Port Ps2
Jenis
perangkat yang menggunakan port ini: Mouse, keyboard.
·
Port Audio
Jenis
perangkat yang menggunakan port ini: Speaker, Microphone, Headset.
·
Port FDD
Jenis
perangkat yang menggunakan port ini: Floppy disk.
·
Port USB
Jenis
perangkat yang menggunakan port ini: Camera digital, flash-disk, dll.
- Data Bus
Bus data.
Jalur yang berfungsi untuk menyalurkan data dari suatu bagian ke bagian
lainnya. Berisi 8, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Jalur-jalur data
adalah dua arah (bidirectional). CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke
memori atau port.
Banyak
perangkat pada sistem yang dicantolkan ke bus data tapi hanya satu perangkat
pada satu saat yang dapat memakainya. Untuk mengatur ini, perangkat harus
mempunyai tiga state (tristate) agar dapat dipasang pada bus data.
C. Word Size
Ukuran ukuran yang diinginkan Kata komputer
untuk memindahkan unit informasi seputar; teknis itu lebar dari register
prosesor , yang merupakan daerah memegang prosesor, gunakan untuk melakukan
aritmatika dan perhitungan logis. Ketika orang menulis tentang komputer
memiliki ukuran bit (menyebut mereka, berkata, "32-bit" atau
"64-bit" komputer), ini adalah apa yang mereka maksud.Semoga Bermanfaat :)
yang ingin request file atau data yang lain silahkan tinggalkan jejak di komentar :)
0 comments:
Post a Comment